Karena Sering Mengonsumsi Mie Instant Sebabkan Kerusakan Otak - Peristiwa Dunia XZY

Karena Sering Mengonsumsi Mie Instant Sebabkan Kerusakan Otak

Loading...

Siapa sih yang tidak kenal Mie Instant, semua orang pasti pernah mencicipinya. Rasanya yang enak, praktis, mudah dibuat, tersedia dalam aneka rasa serta harganya yang murah membuat Mie Instant menjadi favorit banyak orang, bahkan sering kali dijadikan sebagai pilihan pengganti makanan pokok. Berdasarkan data World Instant Noodles Association (WINA), konsumsi Mie Instant penduduk Indonesia menjadi terbanyak nomor 2 setelah China.

Saya sendiri bukan termasuk penggemar berat, tapi saya suka Mie Instant. Dalam sebulan saya hanya membatasi maksimal 8 bungkus. Itu pun hanya di saat-saat 'terpaksa' seperti saat malas masak, saat cuaca dingin/hujan ingin makan yang panas-panas, atau saat tergiur melihat anggota keluarga lain menyantap Mie Instant. Memang tak bisa dipungkiri Mie Instant memiliki rasa yang nikmat, namun kabar bahwa Mie Instant memiliki reputasi buruk bagi kesehatan membuat saya sebisa mungkin mengurangi konsumsi Mie Instant.


Mengonsumsi Mie Instant secara terus menerus sama artinya dengan menumpuk zat-zat kimia berbahaya dalam tubuh. Hal ini bisa mengakibatkan kerusakan sel-sel jaringan otak sehingga terjadi penurunan transmisi sinyal otak yang dapat mengganggu sinergi dalam otak sehingga bisa menyebabkan pelemahan otak dan daya pikir, serta menghambat otak kita dalam berpikir dan memahami suatu masalah. Selain itu, bisa juga memicu penyakit lain seperti stroke atau kelumpuhan akibat kerusakan jaringan/sel otak.

Itu hanyalah salah satu efek negatif, karena mengonsumsi Mie Instant terus menerus juga bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan lain seperti risiko terkena kanker, obesitas, risiko keguguran pada wanita hamil, gangguan metabolisme, Chinese Restaurant Syndrome, dll.
Untuk Moms yang penggemar berat Mie Instant dan tidak bisa hidup tanpanya, sebaiknya lakukan tips di bawah ini saat mengonsumsi Mie Instant agar sedikit terhindar dari masalah kesehatan yang bisa ditimbulkan:

Sebisa mungkin kurangi mengonsumsinya. Jangan terus menerus dikonsumsi karena saluran pencernaan membutuhkan waktu setidaknya 3 hari untuk mencerna Mie Instant dalam usus.
Kurangi penggunaan bumbu yang terdapat dalam kemasan Mie Instant. Karena bumbu tersebut mengandung banyak MSG. Moms bisa tambahkan bumbu homemade seperti bawang merah, cabai, garam, gula dll.

Modifikasi Mie Instant dengan menambahkan bahan lain seperti daging, sayuran, telur, bakso, atau tahu. Karena Mie Instant tergolong makanan Junk Food yang tidak memiliki kandungan nutrisi bagi tubuh. Sehingga dengan menambahkan bahan lain, maka tubuh akan mendapatkan nutrisi.

Jangan menuangkan bumbu saat proses memasak Mie Instant karena akan membuat zat-zat dalam Mie Instant menjadi aktif dan menjadikan zat tersebut lebih berbahaya.

Buat Moms yang hobi dan punya bakat masak, mungkin membuat Mie sendiri bisa menjadi pilihan karena mie homemade karya Moms pastinya akan jauh lebih sehat dan aman.

Kesehatan adalah harta yang tak ternilai, seenak apa pun makanan namun bila berbahaya bagi tubuh ada baiknya dihindari.


BACA HALAMAN SELANJUTNYA

Loading...

Loading...

Artikel Terkait

Karena Sering Mengonsumsi Mie Instant Sebabkan Kerusakan Otak
4/ 5
Oleh