Warna Kesukaan Nyamuk DBD Berhasil Di Temukan Siswa SMA Ini - Peristiwa Dunia XZY

Warna Kesukaan Nyamuk DBD Berhasil Di Temukan Siswa SMA Ini

Loading...

Dua siswa SMAIT Iqra' Kota Bengkulu melakukan penelitian yang cukup menarik, yakni meneliti warna kesukaan nyamuk demam berdarah dengue (DBD) atau yang disebut aedes aegypti. Keduanya adalah Meutia Tri Lestari dan Mytha Shabira.

Idenya berangkat dari banyaknya kasus DBD di Kota Bengkulu. Mereka pun membuat ovitrap yang diisi dengan gula merah yang dilarutkan dengan air panas dan menambahkan ragi yang berfungsi untuk merekasikan gula merah agar menghasilkan CO2.


"Nyamuk aedes aegypti ini lebih tertarik sama bau tubuh manusia atau bau yang mengandung CO2 lebih tinggi," ujar Meutia yang dilansir dari detik.com, Senin (11/3/2019).

Mereka menyiapkan enam ovitrap dengan diselimuti kain piyama berbagai warna, yaitu hitam, biru, kuning, merah muda, putih, dan hijau. Keenam ovitrap di letakkan di ruang tertutup selama 8 jam.

"Lalu kami amati berapa nyamuk yang masuk ke ovitrap tersebut. Nyamuknya tuh hinggap ke ovitrap tersebut. Yang warna hitam itu paling banyak, ada 13 nyamuk," ungkap Meutia.

Meutia menambahkan, warna biru dan merah muda dihinggapi 3 nyamuk, warna hijau dihinggapi 2 nyamuk. Sedangkan warna kuning dan putih tidak dihinggapi satu nyamuk pun.

"Jadi dapat disimpulkan penelitian kami ini nyamuk aedes aegypti lebih tertarik pada warna hitam," tandasnya.’

Dikutip dari : babe.topbuzz.com


BACA HALAMAN SELANJUTNYA

Loading...

Loading...

Artikel Terkait

Warna Kesukaan Nyamuk DBD Berhasil Di Temukan Siswa SMA Ini
4/ 5
Oleh